Tak ada lagi alasan untuk khawatir mengkonsumsi coklat. Para pencinta cokelat, bergembiralah, karena hasil penelitian terkini mengindikasikan menikmati batangan cokelat susu akan meningkatkan daya fungsi otak.

“Coklat mengandung banyak unsur yang bersifat menjadi stimulan, antara lain theobromine, phenethylamine, dan kaffeine,” kata Bryan Raudenbush dari Universitas Wheeling Jesuit di West Virginia.

Senyawa-senyawa itu telah lama dipercaya bersifat meningkatkan tingkat kesadaran dan kemampuan berkonsentrasi. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan, mengonsumsi coklat dapat memberikan efek stimulasi yang akan membuat peningkatan performa mental.

Raudenbush dan rekan-rekannya mengatakan penelitian efek kemampuan otak dilakukan terhadap sejumlah relawan yang mengkonsumsi cokelat dalam beberapa jenis. Penelitian ini dibagi ke dalam empat kelompok; mereka yang mengkonsumsi 85 gram batangan cokelat susu, 85 gram cokelat hitam, 85 gram carob, dan kelompok keempat tidak mengkonsumsi coklat jenis apa pun.

Setelah 15 menit berselang, para relawan dalam penelitian ini menjalani beberapa tes neuropsikologis yang didesain untuk melihat performa kognitif. Termasuk daya ingat, daya konsentrasi, kemampuan bereaksi dan kemampuan memecahkan masalah.

“Nilai bagi daya ingat verbal maupun visual tertinggi bagi mereka yang masuk kelompok mengonsumsi batangan coklat susu dibandingkan dengan ketiga kelompok lainnya,” kata Raudenbush.

Peningkatan daya ingat baik verbal dan visual juga terjadi di kelompok yang mengonsumsi jenis cokelat lainnya namun hasilnya berada di bawah kelompok pertama.

Dari penelitian sebelumnya telah diketahui beberapa nutrisi dalam makanan tambahan melepas glukose yang menambah aliran darah yang dapat berpengaruh bagi kemampuan kognitif. Hasil penemuan terkini ini mendukung pendapat sebelumnya bahkan memperjelas, bahwa mengkonsumsi cokelat dapat meningkatkan kinerja daya kerja otak.

(Infosehat/dian) http://www.suaramerdeka.com