kopi

Sebuah studi di Prancis menyatakan bahwa perempuan yang mengkonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih setiap harinya, memiliki kemungkinan 30 persen lebih baik untuk terhindar dari masalah memori pada usia 65 tahun, dibandingkan mereka yang hanya meminum dua cangkir kopi atau kurang.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology ini menyatakan bahwa keuntungan dari meminum kopi ini meningkat seiring umur. Perempuan peminum tiga cangkir kopi sehari, kemungkinan mengalami kerusakan memori menurun hingga 70 persen saat usia 80.

Efek serupa bisa didapatkan dengan mengkonsumsi teh. Hanya, jumlah cangkir yang dibutuhkan dua kali lebih banyak. Setiap satu cangkir kopi setara dengan dua gelas teh.

Para peneliti menyebutkan bahwa kafein dalam kopi dan teh dapat menjadi stimulus kognitif dan mampu mengurangi kadar protein beta amyloid dalam otak. Akumulasi protein ini dapat memicu penyakit kerusakan memori atau yang sering disebut Alzhemeir.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 7000 orang dari tiga kota di Prancis. Tidak ada dari para responden yang menderita sakit pikun. Para peneliti juga kembali mengetes kemampuan kognitif mereka dua dan empat tehun kemudian.

Hasil penelitian di atas menyebutkan manfaat kopi terutama untuk perempuan. Namun ternyata, sejumlah penelitian lain menyatakan manfaat positif itu juga berlaku bagi pria, sebagaimana disebutkan dalam European Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2006.

Jadi, bila Anda suka kopi, dan tidak memiliki masalah kesehatan akibat kopi, minumlah tiga cangkir sehari. Namun, bagi yang tidak tahan, kopi bisa menyebabkan berbagai keluhan seperti jantung berdebar, insomnia, tremor, dan iritasi saluran pencernaan. Bila Anda termasuk kategori ini, lebih baik pilihlah teh.

(Yahoo/dila) http://www.suaramerdeka.com