PRIA tampan dikatakan mempunyai sperma paling bagus kualitasnya. Demikian sebuah penelitian mengungkapkan hal ini. Para peneliti menunjukkan bahwa pria-pria yang sangat sehat secara fisik, memiliki sperma yang bergerak cepat, paling menarik minat bagi para wanita.

Sejak lama, karakteristik wajah seseorang menjadi indikator bagi kesehatan orang tersebut. Namun, kali ini secara langsung kualitas reproduksi seseorang dikaitkan dengan karakteristik wajahnya, jelas para ilmuwan.

Maria Sancho-Navarro, seorang anggota tim di Universitas Valencia, Spanyol mengatakan bahwa wajah simetris kebanyakan sangat menarik bagi para wanita. Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa mereka yang memiliki fitur wajah lebih simetris jarang sekali menderita sakit.

Para peneliti ini menyelidiki sekitar 66 pria dari Valencia. Mereka menunjukkan foto-foto para pria ini dari sisi depan maupun samping kepada 66 wanita yang bakal menilai mereka, mana yang lebih menarik bagi para wanita ini. Sementara, kualitas semen ini diukur seturut pedoman yang dibuat badan kesehatan dunia WHO (World Health Organization).

Motilitas dan Morfologi
Di bagian kedua penelitian, 12 pria dari kelompok pria yang memiliki semen baik, normal, dan jelek diseleksi dan foto-foto mereka diperlihatkan pada dua kelompok wanita.

Persepsi para wanita atas pria yang tampan berkorespondensi pada kualitas sperma yang baik (baik dari segi motilitas -kemampuan bergerak secara spontan, maupun morfologinya-bentuk) di kedua kelompok. Meski begitu, tidak ada kaitan antara ketertarikan para wanita dengan konsentrasi sperma.

Meski faktor-faktor lain seperti status sosial dan ekonomi mempengaruhi pilihan akhir atas pasangan, kata para ilmuwan, para wanita ini memperhitungkan soal kesehatan dan kemampuan pria berperan sebagai bapak atas anak-anak mereka.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa para wanita dapat mengenali fungsi reproduksi pria apakah fit atau tidak berdasar penampilan wajah saja,” kata para peneliti ini menyimpulkan.

Sebuah penelitian terpisah yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris mengungkapkan bahwa para wanita yang memiliki suara yang paling memikat biasanya memiliki wajah yang memikat pula.

Sarah Collins dan Caroline Missing, dari University of Nottingham, merekam suara 30 wanita muda untuk diperdengarkan ke para pria yang kemudian melihat foto-foto mereka. Pilihan para pria ini membuktikan bahwa wajah menarik terkait dengan suara yang menarik pula.

Sumber : Evolution and Human Behavior (vol 24, p 199)