JAKARTA, KAMIS – Menjelang kenaikan BBM, para ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) berbondong-bondong meluncurkan produk terbarunya. Setelah Suzuki dengan SX-4 CKD, Mitsubishi menyodorkan Strada Triton Exceed, kini menyusul GM AutoWorld Indonesia (GMAWI), ATPM dari Chevrolet yang memperkenalkan New Chevrolet Optra Magnum 1.600 cc di pusat perbelanjaan mal PI.

Optra Magnum 1.6L ini merupakan generasi kedua, setelah sebelumnya Optra 1.8L beberapa tahun silam. “Kami yakin, meningkatnya antusiasme masyarakat terhadap produk Chevrolet menjadi momen yang tepat meluncurkan Optra Magnum,” ungkap Mukiat Sutikno, Managing Director GM AutoWorld Indonesia pada acara peluncuran. Masih ada pertimbangan lain membuat Mukiat yakin mid-sedannya itu bisa sukses.

Di antaranya soal harga. “Optra Magnum hadir dengan harga yang terjangkau,”tambah Mukiat. Sekarang ini, pihak GMAWI mematok harga on the road (OTR) untuk DKI Rp 176.900.000 (manual) dan Rp.188.900.000 (matik). Di kelasnya, Magnum hanya bersaing dengan produk dari negeri jiran (Malaysia) Proton Waja (sekitar Rp 185 juta) dan Neo Satria (sekitar Rp. 300 juta).

Keputusan GM bermain di kelas 1.600 cc merupakan strategi yang jitu. Sebab, persaingan di pangsa pasar nasional ramai dengan kelas 1.800 cc dan 1.500 cc yang dikuasai produk-produk dari Jepang.

Selain harga, juga desain. menurut Mukiat, Magnum memiliki fitur-fitur yang ideal. “Kalau ingin memiliki kualitas yang tinggi juga bisa. Seperti kantung udara yang sekarang hanya ada satu, bisa ditambah dua atau tiga lagi. Selain itu, sedan ini di desain oleh Pininfarina (rumah desain otomotif di Italia). Pantas bila tampang Magnum  agak modern ketimbang Optra 1.8L.

Ketika ditanya perihal kenaikan BBM dan harga yang sudah dipatok, penyuka Ju Jitsu ini menegaskan; “Kalau sudah ada yang memberi DP, tetap diberlakukan harga semula. Mengenai target, Mukiat hanya mematok 200 unit sampai akhir tahun 2008.”Bisa juga di atas itu, antara 300 sampai 350 unit, tergantung perkembangan nanti,” tutup Mukiat. (Sbt)

Sumber : kompas
SBT