DILARANG berbicara di meja makan agaknya akan masuk dalam daftar hal-hal kuno yang harus segera dibuang. Menurut sebuah penelitian, percakapan yang sering dilakukan sebuah keluarga di meja makan malah akan mempertinggi kecerdasan anak-anaknya.

“Anak-anak prasekolah yang terbiasa ngobrol dan berdiskusi dengan ayah ibunya punya perbendaharaan kata lebih banyak dan kemampuan membaca lebih tinggi dibandingkan mereka yang tinggal dalam rumah yang sepi dari pembicaraan,” demikian hasil dari penelitian itu.

Topik apa yang sebaiknya dibicarakan? Tentu yang lebih dari sekadar kata suruhan seperti, “Ayo, habiskan makananmu! Makanan jangan dibuat main!” Sebaliknya, tanyakan pada anak, “Apa yang tadi kalian kerjakan di sekolah?”

Ajak Becermin

Sejumlah ibu mempunyai pengalaman melelahkan setiap kali memakaikan baju si kecil. Umumnya si kecil tak pernah mau diam. Nah, ada trik khusus agar anak lebih mudah patuh. Caranya, ajak si kecil berdiri di depan cermin sehingga ia dapat melihat pantulan keseluruhan dirinya. Suruh ia mempertunjukkan bermacam-macam mimik muka yang lucu, sementara Anda memakaikannya baju. Tanpa sadar si kecil sudah selesai berpakaian.

Penulis : Santi (dari berbagai sumber)