Kehamilan haruslah dinikmati. Meski kenaikan berat badan tak bisa dihindari, calon bunda tetap bisa tampil cantik dan sehat. Yuk, simak kiatnya.

Kulit Terawat
Kehamilan terkadang membawa perubahan pada kulit, misalnya lebih kering, berminyak, atau berjerawat. Jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan wajah. Bersihkan sisa kosmetik sebelum tidur dan memakai pelembab serta tabir surya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.

Peregangan kulit akibat perut yang membesar juga bisa menimbulkan rasa gatal atau guratan kecokelatan. Krim khusus atau baby oil memang bisa menolong menguranginya, tetapi banyak tidaknya guratan juga tergantung pada ‘bawaan’ tubuh masing-masing.

Pilih-Pilih Kosmetik
Rasa mual dan pusing selama hamil memang sering membuat malas ibu hamil untuk berdandan. Padahal make up bisa membuat wajah lebih cerah lho. Dengan tampil cantik dan segar kehamilan pun tak lagi dirasakan sebagai beban.

Saat hamil, sebaiknya Anda lebih cermat memilih kosmetika. Jika Anda memakai kosmetika khusus dari dokter kulit, konsultasikan apakah bahan yang dipakai aman untuk ibu hamil. Calon bunda juga tidak disarankan untuk facial dengan bahan kimia, seperti AHA, formaldehyde acid, glicolic acid, dan sebagainya, karena berbahaya bagi janin.

Rambut Sehat
Jika sebelumnya Anda memiliki jenis rambut berminyak, biasanya saat hamil kondisi rambut akan terasa lebih berminyak. Ada pula ibu hamil yang mengalami kondisi rambut kering dan bercabang.

Melakukan creambath boleh-boleh saja, terutama jika perawatan di salon akan membuat ibu hamil lebih rileks. Hanya saja jangan melakukan pemijatan kulit kepala terlalu keras. Pijatan lembut saat creambath justru bisa melancarkan peredaran darah.

Sumber : kompas