Jika hasrat seksual sedang menggebu, memang sebaiknya segera disalurkan dengan bercinta bersama pasangan. Hubungan seks sangat disarankan oleh para ahli kesehatan. Namun, bila Anda sedang mengalami menstruasi, sebaiknya urungkan niat untuk melakukan hubungan seks. Sebab, hubungan seks yang dilakukan saat perempuan haid, tak baik bagi kesehatan, terutama perempuan. Ajaran agama pun jelas melarangnya.

Seksolog Dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS menyatakan, “jangan berhubungan badan pada saat menstruasi. Ini merupakan pantangan bagi suami istri.” Untuk itulah, sebaiknya pasangan menahan diri melakukan penetrasi pada vagina saat terjadi siklus menstruasi.

Ditinjau dari sisi kesehatan, hubungan seks yang dilakukan pada masa haid sangat berbahaya. Dikhawatirkan pada saat senggama akan terjadi penekanan pada rahim. Darah yang semestinya keluar melalui vagina akan terhambat. Terlebih lagi, bisa mengalir ke rongga perut, mengendap di sana, dan mengakibatkan penyakit endometriosis, yakni jaringan serupa selaput lendir rahim yang tumbuh di luar rongga rahim.

“Endometriosis tidak hanya menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa, juga dapat menggangu kesuburan dan berdampak buruk bagi kesehatan organ reproduksi perempuan,” ujar Dr Boyke. Untuk itulah, hubungan seks harus dihindari, terutama melakukan penetrasi vagina. Namun tak mengapa bila Anda hanya ingin sekadar bercumbu dengan pasangan.

Sumber : suara merdeka